Pengobatan Ayam Aduan

CARA PENGOBATAN AYAM ADUAN

1.AYAM TEDUN,BUATKAN LUBANG LALU ISI AIR,RENDAM KAKI AYAM TIAP HARI.

2.AYAM BUBUL,KAKI DIBERSIHKAN DULU/DISIKAT,HABIS ITU DIOLESI KAPUR CAMPUR KUNYIT.

3.AYAM MANIK,SETIAP MALAM DIKASIH MADU ASLI.

4.AYAM KURAPAN,OLESKAN BELIRANG ATAU PACE/KUDU KASIH ALBERT.
...

5.AYAM KURAP DI KAKI,SIKAT PAKAI MINYAK TANAH,KEMUDIAN OLESKAN KAPUR KUNYIT.

6.AYAM LUMPUH,DIBOBOKI DAUN KEMANGI DICAMPUR RAGI TAPE BISA JUGA KOMPRES DGN TUMBUKAN DAUN SEREH.

7.AYAM NGEMIL,DIOLESI KUNYIT+KAPUR.

8.AYAM KENA JALU,BERSIHKAN DGN AIR GARAM ATAU AIR SIRIH HANGAT,VETSIN/MICIN JUGA BISA,ATAU BUBUK ARANG.

9.AYAM PATUK LEPAS,OLESKAN BLIMBING WULUH,BAWANG PUTIH ATAU MENTEGA.

10.AYAM NGURAK,SETIAP PAGI MANDIKAN DGN AIR BERAS+BAWANG MERAH.

11.AYAM TIDAK KUAT NAPAS,SEBELUM TARUNG 3 HARI,DIMAKANKAN TELUR+LAOS YG DIJEMUR.

12.AYAM BANTAT,MAKANKAN TEMUKUNCI YG DIBAKAR.

13.AYAM NGOROK,DIKOROKI DGN MINYAK TANAH.

14.MEMENDEKKAN JALU,PISANG PANAS DITUSUKKAN KE JALU,KIRA2 20 DETIK LALU MULAI DIBENTUK ATAU LILIN MENYALA UTK MEMANASKAN JALU,HINGGA CEMPURINYA MASUK AGAR TDK BERDARAH!

15.MATA AYAM KEPUKUL,DITETESI AIR LOMBOK ATAU AIR SIRIH.

16.AYAM MENCRET/KOTORAN GAK KERAS,MALAM DIMINUMKAN AIR KUNYIT.

AYAM NGOROK.

klo Ayam ngorok klo berkokok suaranya jadi kecil,suntik dengan Bcomplek dan medoxy/neo meditril,ingat penyuntikan di lakukan pada bagian daging,utk dosis medoxy dan neomeditril 0,3mil,jangan dikasih rempah2 atau daging ,yang ada nanti jadi overdosis,karena Ayam adalah binatang berdarah panas,


 MATA BER AIR SETELAH DI COBA



berarti kena pukul matanya.Tetesi aja dgn air cabe rawit,daun sirih,obat tetes mata,setelah itu tutup dgn plester dan tempatkan di tempat yg teduh,jgn kena sinar.


AYAM GAK MAU MAKAN

Klu di diaknosas - kemungkinan Ayam anda terkena sariawan tandanya ada bercak putih di dalam mulutnya/ tenggorokannya. - Kemungkinan stres - Jika malas makannya di karenakan sehabis tarung kemungkinan Ayam anda mengalami luka dalam.

Saran saya di beri temu kunci dengan cara di suap seminggu sekali selama satu bulan dan biarkan Ayam sendiri di dalam kandang yang agak luas. Pemberian makan cukup satu kali sehari setiap jam 12 siang dan air minumnya di los. Demikian saran saya semoga bermanfaat. coba pemberian makannya jgn diberikan setiap saat kalau bisa ya sekali saja, mis: pada jam 12 pemberian makan kalau masih ada sisa ( tdk habis ) diangkat saja, mudah2aN nafsu makan Ayam anda akan bertambah kemudian kalau bisa buang cacing cukup dengan pinang muda diberikan pada pagi hari disaaat tembolok Ayam benar2 kosong dan diberikan minum yg agak byk, krn cacing tersebut akan keluar melalui kotoraan aym. kalau utk menggemukkan Ayam cukup diberi mkn jagung yg direndam semalam, dan kuning telur + madu seminggu 3x. dalam masa penyembuhan Ayam asal bisa jgn diberikan latihan, dan diletakkan ditempat yg teduh sampai benar2 bobotnya naik kembali baru latihan dpt dilanjutkan demikian sedikit saran dari saya mudah2an dapat bermanfaat.
Thanks Untuk masalah Ayam susah makan, saya ada pengalaman, .Coba cari daun pepaya yang agak muda lalu ditumbuk, kalo bisa ditambah tempe busuk. Campuran itu diberikan (dilolohkan) ke Ayam . kasih minyak ikan, 2 hari kemudian makan nya sangat lahap sekedar masukan aja.Ayam yg makan nya sedikit mungkin faktor cacingan,klo udah dikasih obat cacing masih tetap dikit makannya....coba  kasih MINYAK IKAN sesudah makan sore....memang sich minyak ikan untuk membantu pertumbuhan bulu bisa jg untuk merangsang selera makan selamat mencoba

kalau Ayam setelah ditren/diabar/bertarung kenapa ya malas makan,Ayam habis diadu biasanya susah makan, kalau mau itupun sedikit sekali. Itu dikarenakan leher / kerongkongan masih sakit dihajar saat tarung. Itu akan berjalan paling 2 hari, habis itu normal. Selama susah makan biasanya saya suapin nasi + pur, sedikit aja, yang penting terisi makanan. Hari ke tiga sudah normal makan sendiri.


AYAM KUTILAN

Penyakit Kutil yang di Kepala, soalnya bikin Ayam tampak tdk sehat, susah makan dan kadang2 juga dikelopak mata Ayam, mata Ayam jd terus berair dan kadang menutup mata....coba kutilnya dikelupas sampai keluar darahnya lalu dikasih mitialyn blue/obat biru(banyak ditoko2) untuk di daerah mata obat jangan sampai masuk mata ,bisa menyebabkan iritasi ,mata Ayam merah dan berair.setelah beberapa hari biasanya kutil akan kering.mudah2an berhasil koh.bisa juga lolohkan cicak,maka seminggu kutil akan rontok


PARUH AYAM COPOT PADA SAAT NGADU

Biar paruh Ayam cepat kering dan nyambung kembali? pengalaman dulu2 memang lama banget untuk menanti paruhnya kembali normal. Klu pengalaman saya biasanya di kompres air hangat pagi dan sore hari, setiap selesai kompres di olesi bawah putih yang sudah di hancurkan.

Oleskan aja minyak kuku kuda, itu bisa mempercepat pertumbuhan paruh Ayam juga kok. Kalo paruh copot jangan sampai di buang, tempelkan kembali sama putihnya telur, trus dihendiplas samping kiri-kanan satu malem, pagi dilihat kalo masi melekat biarin, soalnya kalo siang di tempilin , biasanya Ayam kan kipu atau kakinya garuk2 jadi bisa nglepasin paruh yang di tempel ,sampai kering. Pakai tensoplas yang untuk mbalut perban luka itu loo. kira dah kering tensoplas di lepas pelan2 terus diolesin bawang puih yang udah dilembut kan. itu pengalamn saya, Tapi harus hati2 supaya gak lepas .


SANG JAGOAN YG REWEL

kadang2 kita menemui Ayam aduan yg mempunyai kualitas baik dgn stamina yg tdk konsisten,botoh2 memberikan istilah JAGO REWEL,untuk jenis Ayam yg mempunyai kondisi naik turun.Sehingga dlm masa latihan tdk pernah mengalami kemajuan yg konsisten akibatnya kita tdk berani menurunkan ke kalangan.

Beberapa penyebab Ayam jadi rewel yaitu:

1.Ayam cacingan. 2.kemampuan metabolisme yg kurang baik. 3.over training 4.luka dalam akibat pukulan Ayam lain. Ayam akan makan jika kadar gula darah menurun dan pada Ayam rewel ini mungkin kemampuan menyimpan gula dalam bentuk glikogen dlm otot tdk baik sehingga Ayam kekurangan gizi.Ada kemungkinan kedua yaitu selera makan Ayam kurang baik hingga Ayam tdk mkn sesuai dgn kebutuhan tubuh. Untuk mengatasi ini,anda dapat memberikan campuran makanan 25% Par G dgn gabah/beras merah 75%.Air minum harus tetap tersedia.


Plus Minus penggunaan obat2an dan vitamin pada Ayam aduan

Agar Ayam tetap dlm kondisi sehat,pemberian vitamin secara teratur sangat dianjurkan.Vitamin bisa dicampur dgn air minum atau sesudah makan.Dosisnya tidak perlu berlebihan.Lebih baik sedikit,tetapi teratur karena pemakaian obat dlm jangka waktu lama dgn dosis yg terlalu banyak akan mengganggu pencernaan dan menimbulkan ketergantungan.Maka akan berpengaruh buruk pada mental maupun fisik Ayam. Ditandai dgn kerontokan bulu halus,nafsu makan berkurang dan Ayam cenderung liar.Efek lain adalah berat tubuh berangsur-angsur turun dan demam ringan.Akibatnya nafsu tarung turun. Maka lebih baik jika memberikan bahan-bahan alami saja,seperti empon-emponan.Selain sebagai antibiotik,dapat mengoptimalkan kemampuan sel tubuh Ayam.


BUBUL

Klu Ayam saya bubul biasanya saya kurung dan lantai dasarnya terbuat dari semen yang sudah licin mengkilat, lantai tersebut di basahi

pagi, siang dan sore. Pada saat Ayam mau tidur kaki yang bubul di bersihkan lagi dengan Obat Kompres "RIVANOL". Biasanya dalam tiga minggu bubul sudah hilang jika di lakukan terus menerus. Semoga berhasil. Selamat mencoba.

untuk mengobati ayam bubul :

1. Cuci kaki ayam dengan air sampe bersih 2. Bersihkan bubul dengan Alkohol 3. Tempel obat bubul / plaster bubul / obat racikan yg di kemas ky handiplas selama 3 hari jgn dilepas. Selama 2 minggu bubul akan lepas, sampe akar2 nya, saya sdh mencoba berulang ulang2

Belikan aja plester kapalen di toko obat cina pasti ada. sebungkus isi 6. kalo bisa setelah ditempel, jangan dibuka sampek 1 minggu, trus nanti bubulnya bisa rontok, dikasih lagi, rontok lagi. nanti kalo sembuh ya agak bolong gitu, tapi gak papa karena bubulnya sdh mati, cukup diberi betadina aja. ati2 jgn sampe diklintek karena kalo luka tapi sulit lagi mulai dari nol. kalo bisa sampe tuntas.


III. VAKSIN

Ayam tetap di vaksin secara berkala setiap 4-6 bulan sekali untuk Ayam dewasa. jika terdapat yang kecil atau masih muda interfalnya lebih rapat

. Kalau sudah ada yang terserang NCD (tetelo) biasanya di beri vaksin ND warnanya seperti susu agak bening dan harus di simpan pada suhu kulkas agar orgamismenya berfungsi baik. Tetapi ada juga yang berwarna bening.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang unggas dan setiap penyakit punya vaksin sendiri. Pemberian vaksin sebaiknya sejak Ayam kita berumur 1 minggu dan di lakukan secara berkala dan sesuai dosis. Vaksin adalah bibit penyakit yang sudah di lemahkan yang di suntikkan kedalam tubuh unggas atau Ayam kita dengan dosistertentusecaraperiodik. Pemberian vaksin yang di lakukan tidak secara berkala dan tidak sesuai dosis anjuran akan berdampak kurang baik terhadap Ayam kita bahkan vaksin tersebut akan bekerja sibaliknya menjadi toksin.

Mengapa pemberian vaksin di lakukan secara berkala dan sesuai dosis tujuannya adalah agar anti body pada unggas atau Ayam kita bekerja baik dan maksimal membasmi bibit penyakit sungguhan sesuai jenis vaksin yang di berikan.
Cara kerja Vaksin bermacam-macam yang bekerja secara menyeluruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh unggas atau Ayam kita terhadap berbagai penyakit ada hanya untuk jenis penyakit tertentu. Misalnya, NCD atau poluler disebut Tetelo untuk menghindari jenis penyakit ini maka diberi vaksin ND,adajugavaksinantingorok/flu dan lain-lain. Pemberian vaksin sebaiknya di lakukan pada kondisi yang aman misalnya, Ayam dalam kondisi sehat, kandang dalam kondisi bersih dan tidak ada Ayam yang terserang penyakit.

Jika dalam ternakan terdapat Ayam yang terserang NCD segera di kubur atau di bakar dan kandangnya di sterilisasi, untuk sementara waktu jangan di gunakan. Bakteri jenis ini dapat bertahan dalam induk inangnya seumur hidup apa bila yang terserang bisa sembuh. Bakteri ini bisa bertahan sampai 10 tahun dalam kondisi yang lembab.

Jangan sekali-kali memberi vaksin kepada Ayam jika kondisinya tidak fit karena vaksin sebenarnya adalah bibit penyatik yang di lemahkan. Jadi jika Ayam kita dalam kondisi tidak fit lalu di vaksin maka anti body Ayam tidak tidak bekerja dengan baik dan bisa berdampak sebaliknya terhadap Ayam kita. Jangan memberi vaksin dengan campuran atau kombinasi karena bisa berakibat fatal. Kami tidak menyarankan anda memberi vaksin dan anti biotik sekaligus.



BEBERAPA CARA DIATAS SEMOGA BERMANFAAT..

PENCEGAHAN PENYAKIT AYAM


Dalam memelihara ayam bangkok maupun ayam lain pada umumnya, dapat terjadi banyak sekali variasi penyakit yang sudah sangat dipahami atau familiar bagi peternak,baik peternak ukuran kecil,menengah maupun skala besar.
Berbicara keberhasilan mengenai peternakan(tanpa tergantung skala bisnisnya)oleh seorang peternak ditentukan dari pengetahuan dan pemahaman dengan pengenalan sumber hambatan dan ancaman dari penyakit yang mungkin dapat menjadikan ledakan penyakit menular dan berakibat sangat merugikan.Oleh sebab itu,pengamanan dan menjauhkan ternak ayam dari sumber wabah dan hambatan potensial tersebut menjadi prioritas dan perhatian khusus.
Dimulai dengan pemilihan indukan yang unggul, pengelolaan yang baik,sanitasi,peningkatan daya tahan ayam dengan vaksinasi dan usaha menjauhkan ternak ayam dari sumber penyakit adalah kunci sukses dalam beternak ayam.


Pada prinsipnya,penyakit ayam dapat disebabkan oleh 3 macam hal utama yaitu :


Penyakit yang menular dan disebabkan oleh bakteriprotozoa,virus,parasit dan jamur.
Penyakit yang disebabkan oleh faktor atau sebab lainnya.

Penyakit yang disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan zat-zat makanan yang diperlukan dalam perkembangan dan ketahanan tubuh ayam yang lebih disebabkan karena ketergantungan ayam pada kualitas makanan yang diberikan oleh peternak

                                                                        SALAM




                                           http://www.ayamaduanjawara.blogspot.com










2 komentar:

minat hub,bambang 081252217262
alamat.magetan jawa timur